Kamis, 03 Mei 2018

Panduan Fitness Untuk Para Pemula

Michael R. Bracko, EdD, FACSM, ketua American College of Sports Medicine’s Consumer Information Committee, seperti dikutip WebMD, mengatakan bahwa Nge-gym merupakan salah satu aktivitas yang bisa menjaga kesehatan dan kebugaran otot Anda. 

Tidak dipungkiri lagi bahwa banyak orang melakukan rutinitas nge-gym hanya untuk menurunkan berat badan serta membuat badan lebih enak dilihat. Tentu saja ini hanya terjadi jika aktivitas nge-gym dilakukan dengan benar dan teratur. Namun bagi Anda yang masih pemula, biasanya bingung ingin memulainnya dari mana. Berikut beberapa pertanyaan yang sering sekali ditanyakan para pemula ke Instruktur Fitness.



Apakah Latihan Triceps dan Biceps Boleh Dilakukan Diwaktu Bersamaan ?
Bila kita konsentrasi melatih otot biceps (misalkan 3 set, 15 reps), otot triceps boleh dilatih hanya 1 set saja sebagai penyeimbang gerakan latihan pada otot biceps tadi. Disarankan biceps dan triceps tidak dilatih di waktu yang sama karena akan membuat otot lengan atas (biceps dan triceps) kelelahan.

Apakah menambah berat beban dalam setiap pergantian repetisi itu baik untuk pertumbuhan otot ?
Menambah berat beban di tiap repetisi boleh saja dilakukan untuk mencapai hypertrophy otot dan mencapai kekuatan otot yang maksimal. Cara ini dapat dilakukan oleh orang yang sudah mencapai level fitnes intermediate dan advance, dan tidak disarankan untuk pemula karena otot belum beradaptasi optimal. Jika dipaksakan oleh pemula, maka dapat mengakibatkan over-training dan cedera pada persendian.

Apa minuman yang paling tepat dikonsumsi saat latihan? Dan apakah boleh mengonsumsi whey di tengah latihan? Minuman yang boleh dikonsumsi saat latihan adalah minuman yang mudah diserap tubuh dengan cepat, seperti minuman mengandung elektrolit atau isotonik. Konsumsi whey protein di saat berlatih tidak disarankan, karena tubuh memerlukan waktu mencernanya.

Saat mencerna whey ini, tubuh memerlukan oksigen cukup. Sementara latihan juga memerlukan oksigen cukup, bila oksigen 'berebut fungsi' untuk mencerna makanan dan untuk men-support olahraga, maka reaksi yang kerap dirasakan adalah mual, kembung, dan ingin muntah karena oksigen dan cairan bercampur dengan makanan.

Ketahui kapan waktu untuk beristirahat
Anda mungkin berpikir nge-gym setiap hari itu baik. Padahal menurut Dr. Higgins, kita perlu istirahat juga untuk mengimbangi waktu olahraga, karena bila tidak ada waktu istirahat, tubuh dan otot tak punya waktu untuk memulihkan diri.

“Jika Anda tidak memberikan waktu istirahat untuk tubuh Anda memulihkan dan memperbaiki diri, performa Anda akan turun dan Anda akan sulit pulih sepenuhnya,” ujar Dr. Higgins.

Jika Anda merasa sakit atau nyeri setelah nge-gym (bukan karena cedera), itu baik, karena artinya otot Anda sudah mulai merasakan efeknya. Dr. Higgins menyarankan untuk tidak menggunakan obat penghilang rasa sakit dan biarkan pulih secara alami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar